perjalanan lalat hijau

LALAT HIJAU, sebuah catatan perjalanan untuk beberapa waktunya ke depan


mungkin bisa disebut tips


no piracy no music
Originally uploaded by mahardika asmara.

Mengoleksi musik murah:

1.Menjarah musik dari komputer ber-CD Writer
Pastikan pemiliknya menyukai musik, terutama yang sejenis dengan anda. Mengenai tipe pemilik komputer ini
pun akan lebih baik lagi jika.

  • Dia suka membeli CD original, tapi juga tidak anti barang bajakan
  • Dia bergaul dengan banyak orang seperti di poin a
  • Dia tidak fanatik dengan satu jenis musik, tapi juga suka mengenal jenis musik yang lain. Dengan demikian
  • seleranya bisa kita pengaruhi, untuk kemudian kita dorong untuk membeli dan mencari jenis musik yang kita sukai, baru setelah itu kita tinggal mengcopy koleksinya
  • Dia sendiri / dia punya banyak teman yang seperti poin-poin di atas, yang sering ke luar negeri, sering bawa oleh-oleh CD lagi

    2.Jeli dan pantang menyerah
  • Bersedia mendatangi setiap toko kaset, kios, stan atau bahkan lapak penjualan CD bajakan di supermarket atau di pinggir jalan. Tak perlu semuanya sih, kalau memang sudah kelihatan jualannya tidak banyak dan pasarnya jelas bukan untuk anda, ya lewatkan saja. Lain halnya dengan toko kaset, beberapa kaset- kaset aneh kadang malah dapat ditemukan di toko kaset kecil di pinggir jalan, jadi jangan lewatkan!
  • Kadang, di beberapa tempat saat ini ternyata masuh ada beberapa rental MP3, kunjungi, copy dan manfaatkan!
  • Jangan malas membolak-balik katalog (jika ada) CD dan MP3 bajakan yang disediakan. Meski beberapa penjualnya sudah berusaha mengelompokkan dagangannya dalam kategori tertentu (mis: artis wanita, band barat, lagu Indonesia, r'n b, house music, lagu lama dsb) tapi seringkali artis-artis yang “tak terkenal” salah dikelompokkan ke kategori yang sebenarnya. Jangan pula sungkan tidak membeli apa-apa meski sudah berjam-jam membolak-balik katalog itu, kalau tidak ada yang sreg, tinggalkan saja tanpa beban.
  • Jangan malas dan malu untuk menyeleksi CD dan MP3 bajakan obralan (entah apa dosa artisnya, sudah dibajak, masih diobral pula). Beberapa kali saya ketemu yang lumayan bagus dari situ.

    3.Memilih isi.
  • Biasakan mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum membeli sebuah album, terutama yang artisnya masih baru. Bisa dari internet (informasi tentang album itu sendiri, seperti dari amazon yang dilengkapi dengan sample lagunya, atau mungkin cukup profil artisnya di situs lain), atau dari teman. Saya tak percaya review di majalah atau media cetak lain karena sangat sering mengecewakan.
  • Jangan lewatkan pula album-album kompilasi. Memang, tak banyak kompilasi yang bagus saat ini. Tapi, tetap cari, kadang tanpa kita ketahui ada beberapa album kompilasi bagus yang pernah muncul. Inipun juga berlaku pada beberapa album soundtrack (apalagi soundtrack serial televisi) kadang ada yang berisi lagu-lagu bagus. Jangan menilai dari film yang diwakilinya, kita kan sedang mencari musik, bukan mau nonton film.

    4.Dari internet
  • Sebenarnya saya masih belum mempunyai banyak pengalaman dengan ini. Yang penting, kalau di warnet selalu bawa USB. Kalau tak bawa apa-apa, tetap cari dan catat url yang menyediakan musik yang bisa didownload dengan mudah dan gratis. Lalu simpan dalam email.
  • oh, ya.. ini update, teknologi baru yang barusan saya kenal. Limewire! (walau ada juga software-software lain yang sejenis). Tapi sayangnya, di kota tempat tinggal saya sekarang kelihatannya belum ada warnet yang cukup canggih dan berbaik hati untuk meniru salah satu warnet di surabaya. Yah, untunglah saya masih sempat menikmatinya, barangkali warnet ini bakal menjadi salah satu tujuan utama saya kalau suatu waktu pergi ke surabaya lagi..

    Masih banyak, namun saya rasa cukup sekian dulu sampai disini, saya rasa setiap orang punya cara sendiri yang mungkin jauh lebih efektif dan praktis dari ini semua.
  • 0 Responses to “mungkin bisa disebut tips”

    Poskan Komentar


    Web This Blog


    XML

    Powered by Blogger

    make money online blogger templates




    Free chat widget @ ShoutMix

    Join the Blue Ribbon Online Free Speech Campaign
    Join the Blue Ribbon Online Free Speech Campaign!



    © 2006 perjalanan lalat hijau | Blogger Templates by GeckoandFly.
    blog ini berisi catatan, kenangan, keluhan, caci maki, khayalan, pengakuan, tiruan, dan hasil kopi paste
    blog ini tidak ada hubungannya dengan lalatx atau padepokan silat tertentu, pengelola sebenarnya tidak suka warna ijo!