perjalanan lalat hijau

LALAT HIJAU, sebuah catatan perjalanan untuk beberapa waktunya ke depan


Mengurus Rumah Sendiri


Mulai dua bulan ini, aku akan lebih serius dalam mengurus rumah sendiri. Maksudnya, si lalerhidjo ini. Blog ini sempat hampir terabaikan gara-gara aku lebih banyak ketak-ketik, tulas-tulis, dan koman-komen untuk situs-situs komunitas, forum dan semacamnya. Selain itu, kebetulan (ini bukan hal yang layak dibilang 'betul' dink) belakangan ini, aku juga habis ide. Ide yang bagus terutama. Memang ada banyak proyek pribadi yang tertunda (entah sudah berapa ratus kali aku mengatakan ini), tapi hampir selalu saat sudah punya waktu, aku justru tidak punya cukup minat, semangat, dan kemampuan untuk melanjutkannya lagi.

Padahal sebenarnya aku sama sekali tidak kendor menulis. Justru sekarang, di pekerjaan baruku, tugasku adalah lebih banyak menulis dan menulis lagi. Kadang aku merasa itu bahkan bukan lagi menulis, tapi kadang seperti menyadur. Tapi, kalau dibilang menulis, ya itu memang menulis. Tapi, jika tidak ada blog, sulit rasanya aku dapat menulis apa adanya seperti yang kupikirkan. Aku tidak bicara fesbuk, twitter, plurk, dan semacamnya. Bagiku, keberadaan situs-situs itu gunanya lebih seperti ruang mengobrol saja, bukan untuk menulis (karena aku juga jarang mengobrol lagi, gawat juga nih). Pengalaman bergabung dengan forum dan blog komunitas lama-lama tidak aku suka. Aku seperti terpaksa jadi jaim. Memang, ini salahku sendiri. Tidak ada yang meminta aku untuk jaim. Tapi bagusnya jaim adalah berarti aku punya kesadaran bahwa tulisanku itu akan dibaca dan bisa memengaruhi orang lain. Akibatnya, kadang aku hanya berani menulis pengalaman hidupku saja. Mau menulis sebagai orang ketiga, aku malah jadi dilema karena di sisi lain aku juga ingin menulis hal-hal yang menurutku penting, tapi di sisi lain aku merasa aku belum dan terus saja belum siap untuk menulis topik yang menurutku penting dan ingin aku kuasai. Belum lagi, seperti kata Umberto Eco, melimpahnya bahan di internet sering bikin aku jadi menghabiskan waktu mencari dan terus mencari bahan, dan tidak kunjung membaca, apalagi menulis berdasarkan berbagai referensi itu. Kini, di blog laler ini aku akan kembali ke masa-masa awal ngeblog dulu. Aku ingin menulis apa adanya, seperti yang kupikirkan. Memang, keadaan tidak akan bisa sama lagi. Terbiasa mengerem dan menyaring sebelum menyatakan apa-apa di tulisan akan tetap ada. Tapi, setidaknya aku bisa jauh lebih bebas di sini. Dan sebagai tanda bahwa aku mau lebih terbuka, aku pasang berbagai hal yang berhubungan denganku (banner facebook misalnya).

Well, si laler ini memang sudah cukup tua. Sudah hampir lima tahun, tanpa terasa. Tepatnya 50 bulan lebih. Dalam kurun waktu itu, hanya sekali saja aku alpa mengisi barang satu posting dalam sebulan (ini cukup keterlaluan karena sebenarnya aku relatif tidak pernah tidak online sama sekali dalam jangka seminggu dua minggu, tapi aku tetap alpa posting di bulan September 2007). Memang sempat beberapa kali aku bahkan hanya memposting link dari youtube. Tapi kini, di tengah agak redupnya popularitas blog (sebagian karena FB, sebagian karena aksi blokar-blokir pemerintah), aku merasa bangga karena bisa lumayan konsisten mempertahankan blogku ini hingga 50 bulan. Asal Google tidak berbuat seperti Yahoo yang menutup geocities, semoga saja tulisan-tulisan yang kubuat sejak masa jadi pengangguran itu bisa dinikmati lintas generasi. Semoga aku juga bisa tetap konsisten.

Sebelum tulisan ini (yang kuketik langsung di boxnya blogspot) jadi tambah melebar dan malah membicarakan tentang diriku atau tentang sejarah blog ini, maka aku nyatakan bahwa blog ini akan kembali bergairah lagi. Damn, baru saja donwload file besar gagal!! Tinggal dikit padahal. Wyzo tidak bisa diandalkan.

Label:

2 Responses to “Mengurus Rumah Sendiri”

  1. # Blogger Onny Wiranda

    aku juga baru saja merapikan blogku. posting terakhirku (yg cukup layak disebut posting) bulan juli 2009. sekarang dah aku benahi. beberapa tulisan yg ga sempat aku unggah sekarang aku unggah.

    penyebabnya sama juga; 1.pekerjaan. sekalipun bukan pekerjaan yg melibatkan penulisan tp ada byk inspirasi u nulis. tp anehnya males dan mentok. 2. situs2 jejaring sosial bangsat macam fb. ngerusak itu memang.  

  2. # Blogger ary

    sheep, bosh! blogger strikes back!  

Posting Komentar


Web This Blog


XML

Powered by Blogger

make money online blogger templates




Free chat widget @ ShoutMix

Join the Blue Ribbon Online Free Speech Campaign
Join the Blue Ribbon Online Free Speech Campaign!



© 2006 perjalanan lalat hijau | Blogger Templates by GeckoandFly.
blog ini berisi catatan, kenangan, keluhan, caci maki, khayalan, pengakuan, tiruan, dan hasil kopi paste
blog ini tidak ada hubungannya dengan lalatx atau padepokan silat tertentu, pengelola sebenarnya tidak suka warna ijo!