perjalanan lalat hijau

LALAT HIJAU, sebuah catatan perjalanan untuk beberapa waktunya ke depan


Hobi Baru


Di tengah tugas pekerjaan yang padat, Piala Dunia yang bikin ngantuk dan sering tidak fit, serta pikiran tentang masa depan yang kadang tidak menenangkan, aku bertemu hobi baru.. errrrrr.. sebenarnya bukan baru juga sih. Ini hobi lama, cuma sekarang nemu media yang beda saja. Last.fm sebenarnya sudah lama aku tahu keberadaannya. Hanya saja, baru belakangan saja aku menyadari keasyikannya.... errrrr... sebenarnya aku juga belum terlalu paham juga sih. Aku sadar masih ada beberapa fungsi yang belum aku pakai karena aku sendiri baru register 3-4 hari yang lalu.

Setelah (agak) bosan dengan koleksi buku (ebook terutama) yang sebagian besar belum pernah terbaca dan sebagian link lagi mengecewakan karena sudah ditutup atau berusaha dibatasi atau yang hanya menyediakan excerpt, kini aku kembali pada musik. Yang asyik pertama dari Last.fm adalah bahwa situs ini terbilang sangat lengkap. Untuk ukuran musik luar negeri, sebagian besar sekali musik yang aku tahu ada di sini. Tapi, bukan hanya itu, rekomendasi-rekomendasinya juga membuatku senang. Rasanya hampir (atau malah melebihi) seperti waktu pertama kali aku menemukan situs-situs macam truly-free, scribd, avaxhome, dan ebook30. Aku rasa hanya kebosanan, tidak ada waktu, pembatasan donlot gratis, atau tidak ada koneksi internet, yang akan bikin aku berhenti menelusuri situs ini. Ada banyak sekali band dan artis yang asik-asik aku temukan dari sini.
Yang asik, beberapa juga menyediakan donlot gratis. Dan sebagian besar menyediakan sample lagu buat didengarkan. Tapi, entah apakah ada batasan atau tidak, aku belum tahu soalnya sebagai newbie aku masih cukup leluasa memanfaatkan masa promosi. Tapi, tentu saja tidak boleh kurang akal. Masih ada situs-situs yang akan menyempurnakan kelengkapan asiknya. Yang pertama adalah youtube. Kalau ingin mendengarkan dan menilai lagunya secara utuh, aku rasa situs ini sangat oke. Aku kira youtube sudah sangat bisa diandalkan untuk mencari lagunya siapa saja. Dan kalau saja internet juga bisa makin kencang lagi, pastinya akan lebih asyik. Tapi, mendengarkan dari youtube juga tidak lengkap. Pada akhirnya, kalo memang lagunya keren, kita pasti ingin bisa mendengarkan kapan saja dan dengan piranti apa saja. Maka dari itu, perlu dimiliki itu lagu.
Kalau dulu aku sering kali mendonlot satu album, sekarang cara itu makin jarang kulakukan sebab internet kadang kurang stabil dan waktunya lama. Mari berdoa supaya situs-situs seperti 4shared, beemp3, abmp3, dan sejenisnya tidak ditutup. Yang terpenting dari situs-situs seperti tiga di atas tersebut adalah bisa disearching. Situs filesharing seperti rapidshare, ziddu, megaupload, dll memang bagus (kecuali rapidshare yang sekarang menjengkelkan gara-gara tuntutan kelompok yang nggak bisa liat orang senang hehehe..), tapi kurang praktis karena tidak bisa searching dan juga kadang menakutkan juga. Jadi, aku sekarang lebih suka donwload satu-satu, meski itu juga sebenarnya kadang tidak terlalu praktis juga kalau internet lagi cepat. Memang tidak selalu ada atau ditemukan filenya. Tapi, aku yakin itu hanya masalah waktu untuk menemukan situs-situs lain yang lebih lengkap menyediakan file mp3 yang bisa didownload. Kalau memang tidak sabar, ya saya download video youtubenya lalu diconvert dan diperbaiki sendiri kualitasnya (perlu cari software yang lebih canggih dan pengetahuan lebih lagi buat melakukan yang ini).
Inilah cara baru yang saya lakukan. Mungkin memang masih kurang praktis dan sangat tergantung pada kecepatan koneksi internet. Tapi, setelah tidak puas (kalau tidak bisa dibilang gagal) dengan memanfaatkan torrent, setelah link di situs-situs filesharing banyak yang sudah diremove, setelah limewire koit, setelah tidak ada teman yang bisa dikopi lagu-lagunya, setelah malas cari-cari lagi di lapak MP3 bajakan yang makin merusak selera juga, dan setelah tidak seroyal dulu belanja barang orisinal, cara ini cukup memuaskan dan bisa dilakukan di sela-sela kesibukan tanpa harus mengorbankan banyak waktu. Support good music by listening them! (Mau gimana lagi? Wong di Indonesia juga belum banyak musik bagus diperjualbelikan secara resmi)

Label: , ,

2 Responses to “Hobi Baru”

  1. # Anonymous Panitia Festival Penulis dan Pembaca Kristiani 2010

    Mas Ari mungkin berminat untuk ikut lomba menulis cerpen yang diselenggarakan penjunan?

    Info lengkap dapat Mas klik di Lomba Menulis Cerpen Kristiani  

  2. # Blogger ary

    terima kasih, semoga ya mas  

Poskan Komentar


Web This Blog


XML

Powered by Blogger

make money online blogger templates




Free chat widget @ ShoutMix

Join the Blue Ribbon Online Free Speech Campaign
Join the Blue Ribbon Online Free Speech Campaign!



© 2006 perjalanan lalat hijau | Blogger Templates by GeckoandFly.
blog ini berisi catatan, kenangan, keluhan, caci maki, khayalan, pengakuan, tiruan, dan hasil kopi paste
blog ini tidak ada hubungannya dengan lalatx atau padepokan silat tertentu, pengelola sebenarnya tidak suka warna ijo!