perjalanan lalat hijau

LALAT HIJAU, sebuah catatan perjalanan untuk beberapa waktunya ke depan


Belum sempat nulis. Nyanyi dulu aja deh..

Kalau dibilang Freud, subconscious itu akan terbentuk dan menetap di usia 0-5 tahun, bisa saja ini alasan saya paling 'greng' dengan musik eighties (atau sound-sound elektronika pada umumnya). Meski demikian, saya meragukannya juga. Saya duga, itu lebih karena saya orang yang cenderung tertutup. Jadi, meski saya banyak dibilang tidak ekspresif tapi dalam hati saya ingin menari dan memberontak. Bukankah itu dua kata yang cukup pas menggambarkan musik new wave atau elektronika (beda dengan musik dugem loh)? Saya tidak menutup telinga pada jenis musik lain atau dari era lain. Tapi, kalau yang paling bikin saya tertarik atau lebih tepatnya 'greng' tadi memang jenis musik new wave, electronic, new romantic, sampai yang masih kental nuansa punknya begitu. Kali ini, saya hanya ingin mencoba membookmark sekaligus menshare beberapa video ini kepada siapa saja yang tertarik. Mau dishare di FB kok rasanya terlalu sering dan nanti malah bikin bosan.
DEPECHE MODE - ENJOY THE SILENCE
Ini adalah lagu dari Depeche Mode yang paling terkenal: Enjoy the Silence. Sudah dibawakan ulang oleh berbagai band ternama dunia saat ini. Band asal Bandung, Kubik dalam album remix mereka yang terbaru (lupa namanya) juga memakai sampel intro lagu berikut dalam salah satu track mereka yang saya juga lupa judulnya. Dalam album tribute buat Depeche Mode, "For the Masses", lagu ini dibawakan oleh band Amerika bernama Failure. Hasilnya sama dengan nama band itu sendiri: failure hahahaha...



NEW ORDER - BLUE MONDAY
Kalau Depeche Mode punya Enjoy the Silence, maka New Order, band yang diisi oleh personil Joy Division minus si vokalis Ian Curtis yang gantung diri, punya Blue Monday. Beberapa versi yang sempat terkenal membawakan lagu ini, misalnya: Orgy dan Nouvelle Vague. Lagu ini bisa dibilang menjadi anthem dari musik new wave agak dugem atau lebih tepatnya musik yang katanya disebut Madchester itu. Legendaris deh pokoknya!


NEW ORDER - TRUE FAITH
Apakah nama New Order ada hubungannya dengan Orde Baru? Hehehe.. Tidak tahulah. Yang jelas, yang satu menyengsarakan yang satunya menyenangkan. Tapi, kok New Order lagi sih? Ya, karena saya sebenarnya paling suka sama lagu yang ini: True Faith. Lagu yang pertama kali saya dengarkan sambil mengendarai motor dan ingatannya terus terkenang hingga kini. Dikatakan bahwa salah satu bait liriknya yang berbunyi: "when I was a very small boy, very small boy offer drug to me" disensor pihak rekaman dan diganti "very small boy talk to me" tapi kalau di manggung, liriknya tetap seperti aslinya. Penting nggak info ini?


BOY GEORGE - CRYING GAME
Nah, lagu ini mestinya cukup sering didengar. Salah satunya di film Ace Ventura. Boy George mungkin salah satu artis yang nasibnya cukup terlunta-lunta saat ini.

BLONDIE - CALL ME
Duo penyanyi perempuan kesukaan saya membawakan lagu yang juga saya suka. Yang satu adalah Shirley Manson dari Garbage, yang satu Debbie Harry dari Blondie yang membawakan lagunya Call Me.


RADIOHEAD - CEREMONY (JOY DIVISION COVER)
Radiohead membawakan lagu-lagu yang katanya memengaruhi musikalitas mereka. Salah satunya dari Joy Division, berjudul Ceremony. Lagu lainnya pernah saya post di sini juga, lagu dari Bjork berjudul Unravel. Lagu lain sejauh saya lihat di Youtube adalah lagunya The Smith.


SAINT ETIENNE - ONLY LOVE CAN BREAK YOUR HEART
Saint Etienne adalah nama kota di Prancis yang punya klub bola cukup terkenal. Tapi, selain itu adalah nama sebuah band Inggris yang biasanya membawakan lagu-lagu elektronik. Kali ini, mereka membawakan sebuah hit pertama mereka. Sebuah lagu yang pernah dipopulerkan Neil Young berjudul Only Love Can Break Your Heart. Lagu ini juga pernah dibawakan beberapa grup seperti The Corrs, tapi , Saint Etienne yang vokalisnya Sarah Cracknell saat ini juga punya album solo, membawakannya dengan irama dance khas 80-90an (ingat Ace of Base?)


NICK CAVE & KYLE MINOGUE - WHERE THE WILD ROSE GROW
Where the Wild Rose Grow. Waktu kecil, lagu ini bikin saya merinding. Setelah besar, baru saya mengerti liriknya memang bikin merinding. Tentang seorang pria psycho yang membunuh seorang gadis kecil dengan batu di sungai, agar kecantikannya tetap abadi. Dalam album berjudul Murder Ballads ini (semoga saya ingat untuk mendonlotnya), Nick Cave dan Kyle Minogue membawakan lagu ini dan bermain di video klipnya dengan baik

Label: , , , , , , , , , , , , , , ,

0 Responses to “Belum sempat nulis. Nyanyi dulu aja deh..”

Poskan Komentar


Web This Blog


XML

Powered by Blogger

make money online blogger templates




Free chat widget @ ShoutMix

Join the Blue Ribbon Online Free Speech Campaign
Join the Blue Ribbon Online Free Speech Campaign!



© 2006 perjalanan lalat hijau | Blogger Templates by GeckoandFly.
blog ini berisi catatan, kenangan, keluhan, caci maki, khayalan, pengakuan, tiruan, dan hasil kopi paste
blog ini tidak ada hubungannya dengan lalatx atau padepokan silat tertentu, pengelola sebenarnya tidak suka warna ijo!