perjalanan lalat hijau

LALAT HIJAU, sebuah catatan perjalanan untuk beberapa waktunya ke depan


BETWEEN FENDER AND MAYBELLINE


between fender and maybelline
Originally uploaded by mahardika asmara.

Between Fender and Maybelline, (gambar yang lebih besar dapat dilihat disini)

Terkadang mereka hanya dijadikan sekedar hiasan, manekin untuk menarik pembeli, tak jarang mereka juga dicibir dan dianggap tak memberi kontribusi dalam kelompok apalagi dalam sejarah musik dunia, mereka hanyalah pelengkap, tak akan ada tanpa jasa para pria. Namun apa yang terjadi disini? 103 nama mungkin masih terlalu sedikit, meski beberapa nama hanya korban subjektivitas saya, tapi sesungguhnya, lebih banyak nama yang jujur saja telah membuat kita terpana


ABRA MOORE
penyanyi solo yang membawakan musik seperti Jewel atau Sarah McLachlan. Suaranya mengingatkan pada Leigh Nash
AIMEE MANN
istri dari Michael Penn, adiknya Sean Penn. Solois Amerika membawakan musik campuran folk, alternative dan sedikit country seperti sudah banyak dilakukan penyanyi amerika lain
AMBROSIA PARSLEY
vokalis Shivaree. Sebenarnya saya juga cuma tahu Shivaree dari "Goodnight Moon", hits yang sempat cukup sering diputar di radio sekitar tahun 2001 namun kemudian muncul lagi di akhir film Kill Bill vol2. dulu saya sempat mengira yang menyanyikn lagu itu adalah Gwen Stefani.
ALISON SHAW
vokalis Cranes. Band yang menemukan tempatnya berkat bantuan Robert Smith dari the Cure. Lagu-lagu yang gelap dan agak bernuansa gothik kadang bercampur beat-beat ala New Wave serta vokalnya yang seolah berbisik itu telah membuat saya jatuh cinta
ANA MATRONIC
sungguh mengecewakan ternyata yang lebih banyak bernyanyi di album Scissor Sisters adalah vokalis prianya yang bersuara seperti Prince itu, namun ia tak hanya muncul bersama bandnya, New Order di album barunya juga memberi beberapa baris lagu dalam "Jetstream"
ANDREA ZOLLO
vokalis Pretty Girls Makes Graves, band garage revival yang sebenarnya beberapa lagunya tidak saya suka, tapi untuk gaya bolehlah. (PS: nama Pretty Girl Makes Graves diambil dari salah satu judul lagunya Morrisey)
ANGELA
keyboardis dan pemain berbagai alat perkusi dari band bernama the Magic Numbers yang juga memegang beberapa alat seperti glockenspiel dll, kadang juga ikut bernyanyi. Penampilannya (apalagi anggota bandnya yg lain) sama sekali tidak glamour, mereka gendut, gondrong, dekil, pakaiannya kayak middle class namun musiknya cukup bagus. Masih belum ada gambaran siapa dia? Dengarkan saja salah satu track di album terakhir Chemical Brothers berjudul "Close your Eyes", tapi dengar-dengar band nya baru saja merilis album baru.
ANGIE HART
mantan vokalis Frente yang dikenal karena menyanyikan lagunya New Order "Bizarre Love Triangle", sempat pula datang ke Indonesia hanya untuk private partynya Adri Subono dulu. Sekarang bergabung dengan band bernama Splendid. Kaset-kaset lama Frente sendiri tiba-tiba banyak bertebaran di emperan samping Delta Plaza Surabaya meski saya ragukan keasliannya.
ANNIE LENNOX
entahlah, saya rasa Eurythmics telah bubar, tapi saya suka keduanya sama-sama karena faktor Annie Lennox yang wajahnya seperti ibu salah satu teman masa kecil saya dulu. Aneh, khas, agak seram tapi juga ramah sehingga "Sweet Dreams" menjadi kurang bermakna ketika di remake Marilyn Manson
BETH GIBBONS
vokalis Portishead. Suaranya seperti penyanyi berkulit hitam, namun terkadang juga seperti suara gadis kecil aneh yang suka menyiksa binatang dan memotong-motong tangan dan kaki bonekanya dengan pisau besar. Dengan musik dan suara seperti itu, cocok sekali dijadikan soundtrack film-film thriller
BETH ORTON
saya cuma tahu satu lagunya "Couldn't Cause Me Harm" yang ada di kompilasi Lazy Sunday, suara yang indah
BIF NAKED
penyanyi alternative punk yang asyik, walau bertato dan berdandanan sangar namun selalu mengkampanyekan pola hidup vegetarian
BJORK
bekas vokalis Sugarcubes dari Islandia yang sukses besar setelah bersolo karir. Salah satu seniman jenius yang susah dicari kesamaannya dengan artis lain. Sejak kecil menganggap suara peluit kapal, mesin kereta api, suara besi dipukul dll sebagai musik yang indah, mungkin seperti lirik lagu "Hyperballad". Selalu menarik menantikan seperti apa video-video klip Bjork yang akan datang, sayang album "Telegram" alpa terbeli.
CANDIDA DOYLE
keyboardis Pulp. Walau penampilannya seperti ibu-ibu rumah tangga namun kita pasti maklum karena ia adalah anggota Pulp. Yeah! "sing along with the common people!"
CERYS MATTHEWS
vokalis Catatonia, suara serak, seperti anak-anak, kadang mirip Bjork. Saya sendiri baru tahu dia setelah "Mulder and Scully" sangat sering diputar di radio dulu. "Bagus" kata Pak Tino Sidin.
CHARLOTTE HATHERLEY
gitaris Ash. Sering juga kita dengar jadi backing vocal, cool!
CHEYNE COATES
vokalis grup music Madison Avenue asal Australia yang membawakan lagu-lagu dance seperti juga Kyle Minogue. Tak tahu kenapa waktu saya cari foto live performancenya yang didapat malah banyak foto-foto bugilnya
CHRISSIE HYNDE
vokalis the Pretenders. Siapa sih yang nggak tahu "I'll Stand by You?"
CINDY LAUPER
girls just wanna have fun? Icon seangkatan Boy George, pendobrak gaya remaja perempuan yang bosan dengan penampilan langsing dan cantik seperti Olivia Newton John, memang pop culture selalu berubah time after time..
COURTNEY LOVE
istri mendiang Kurt Cobain. Wajahnya semakin mirip waria akibat terlalu banyak melakukan operasi plastik. Pernah masuk urutan dua dari daftar 50 rock star yang benar-benar menganut sex, drug and rock'n roll di bawah Keith Moon sementara almarhum suaminya sama sekali tidak masuk hitungan. anyway, saya lebih suka Hole daripada karir solonya, tapi People vs Larry Flynt boleh juga
D'ARCY WRETZKY
bassis Smashing Pumpkins yang keluar sebelum album terakhir Pumpkins diluncurkan. Setelah itu sempat ditangkap polisi karena membawa heroin. Tak ada yang tahu kabarnya kini, ada yang bilang ia belajar pijat akupunktur dan menjadi pemijat profesional. always be my favourite.
DEBBIE HARRY
vokalis Blondie. Pasti semua pernah dengar "Atomic" atau paling tidak "Maria". Sudah setengah umur tapi tetap lincah, terakhir lihat dia di TV adalah waktu SMP.
DIDO ARMSTRONG
adik Rollo Armstrong dari Faithless. Sebenarnya suara Dido lebih cocok untuk lagu-lagu berirama trance/ techno tapi saya selalu suka "Here With Me" seberapa seringpun lagu itu dijadikan soundtrack film
DOLORES O' RIORDAN
vokalis Cranberries, sayang band itu sudah bubar. Suaranya banyak diikuti vokalis wanita band-band di Indonesia seperti juga Alanis Morrisete, apalagi band-band cafe. Ngomong-ngomong, apa lagu Cranberries favorit kalian? Kalau saya paling suka "Never Grow Old"
DOMINIQUE DURAND
vokalis Ivy, mempunyai salah satu jenis suara yang paling saya suka. Kenapa ya kayaknya hanya album "Guestroom" yang beredar di Indonesia, itupun di bawah label FastForward
EDDIE READER
yang ini bukan vokalisnya Pearl Jam. Hanya satu lagunya yang saya tahu yaitu yang terdapat di album soundtrack Batman& Robin. Suaranya seperti Hope Sandoval dari Mazzy Star.
ELIZABETH FRASER
vokalis Cocteau Twins, band trip hop yang banyak penggemarnya tapi belum dapat saya sukai karena mungkin kurang "gelap", kecuali saat dia berkolaborasi dengan Massive Attack dan Aphex Twin. Namun bagaimanapun juga suaranya yang indah waktu menyanyikan "This Love" dengan musik dari Craig Armstrong yang saya dengar dari album kompilasi Inspirational Moments 2 selalu mendapat tempat di hati saya, apalagi jika didengar waktu hujan.
FIONA APPLE
muram!, lagu-lagu Fiona Apple yang pernah saya dengar sepertinya selalu sedih dan muram seperti pose-pose fotonya, kadang malah terlalu lambat seperti "Across the Universe" versinya yang sungguh loyo, tapi saya sukai juga.
GAY YEE WESTERHOFF
pemain cello di grup musik Bond. Keturunan Hongkong-Inggris yang kadang wajahnya seperti wajah cewe yang pernah saya taksir dulu.
GERI SORIANO LIGHTWOOD
vokalis Supreme Beings of Leisure yang namanya sepanjang nama grupnya yang membawakan musik euro dance, seperti banyak nama yang disebutkan disini, ia juga menjadi highlight daripada band itu.
GILLIAN GILBERT
mantan keyboardist New Order, anggota New Order yang bukan bekas anggota Joy Division. Kini kabarnya keluar dari bandnya karena alasan yang agak klasik bagi musisi / artis wanita lainnya; ingin mengurus anak. Sebagai anggota New Order tentu tak boleh tidak dimasukkan disini.
GRACE SLICK
vokalis Jefferson's Airplane, dari fotonya sudah kelihatan ia termasuk angkatan Janis Joplin atau mungkin The Who. Saya memasukannya semata karena namanya yang legendaris meski lagunya belum pernah saya dengar, juga menjadi presenter dalam DVD nya the Doors live in Europe.
HARRIET WHELLER
vokalis the Sundays, band yang seperti Sixpence None the Richer beraliran contemporary christian alternative. Cuma tahu satu lagu "Here's where the Story Ends" namun sudah cukup alasan untuk memasukannya disini.
HEATHER NOVA
hanya tahu suaranya waktu ia menyanyikan lagu the Beatles "We Can Work it Out" yang ada di album soundtrack I Am Sam
HILLARY WOODS
mantan bassis JJ72, juga kadang menyanyi atau menjadi backing vocal. JJ72 (ada yang bilang JJ adalah singkatan Janis Joplin) sendiri adalah band asyik yang baru saya kenal, agak seperti Placebo namun setingkat lebih bagus, permainan bass nya pun mantap
HOPE SANDOVAL
vokalis Mazzy Star, jadi Mazzy Star bukanlah nama orang. Mulai jatuh hati sejak mendengar "Fade into you" di Lazy Sunday. Jernih, segar namun juga cuek, bahkan kadang Mazzy Star bisa berubah menjadi seperti the Doors, coba saja dengarkan "Mary of Silence"
ISABEL MONTEIRO
vokalis Drugstore kelahiran Brazil, pernah berduet dengan Thom Yorke dalam "El Presidente", lagu yang ditujukan untuk Augusto Pinochet. Sempat juga diisukan berpacaran dengan Thom namun mengelak dengan alasan ia lebih suka pria tinggi besar. Semula saya kira suaranya adalah suara Nina Personn, mirip cuma lebih liar
JANIS JOPLIN
namanya selegendaris Harley Davidson. Blues, saya baru kenal dari dia. Konon merupakan rocker pertama yang mempunyai tato, konon juga mati atas restu CIA (seperti Jim Morrison dan Jimmi Hendrix)
JEWEL
meski sekarang agak berubah, tapi apa yang pernah dihasilkannya dulu tetap berharga dan saya juga tak bisa lupa bibirnya yang basah dalam video klip "who will save your soul"
JOAN OSBORNE
salah satu video klip yang paling sering saya lihat waktu SMP adalah "One of Us", lagu yang juga evergreen. Meski belum yakin dengan maksud lagu itu secara keseluruhan tapi suaranya lebih bagus daripada Ozzy Osborne
JONI MITCHELL
di film "Love Actually" dia mendapat porsi cerita meski tak ikut bermain. Lagu "Both Sides Know" ternyata jauh lebih dalam daripada versi remake yang dibawakan Jeanette Lindstrom
JULLIETE LEWIS
kenapa aktris Holywood masuk sini? Ya ternyata Julliete bisa bernyanyi seperti terlihat di film "Natural Born Killers" selain juga mempunyai band bernama the Licks. Yang terbaru, ia juga menyumbangkan suaranya di album Prodigy yang baru dalam track "Hotride" dan "Spitfire"
JUSTINE FRISCHMANN
vokalis utama Elastica. Saya baru ingat dengan Elastica setelah mengcopy album soundtrack "Trainspotting". Elastica sendiri mempunyai 2 vokalis yang keduanya wanita yang masing-masing juga memegang instrumen
KAREN O
lead singer band Yeah Yeah Yeahs. Di album "Fever to Tell" ia berteriak, mengaum, mengerang dan mendesah seperti orgasme. Salah satu band garage revival yang saya sukai lebih dari yang lainnya.
KAROLINA KOMSTADT
vokalis Club8, band yang merilis album pertamanya di Spanyol, sebelumnya bergabung dengan Poprace. Band ini juga sempat bekerjasama dengan Mocca dalam lagu "I Would Never". Kadang juga mirip Mocca tapi bisa juga membuat lagu bernuansa New Wave seperti "Missing You"
KATHLEEN HANNA
lead singer band Bikini Kill dan juga Le Tigre, yang anggotanya semua wanita. Band yang mengusung semangat feminisme seperti terlihat dari judul-judul albumnya, "Feminist Sweeptakes" atau "From the Desk of Mr.Lady" dll. Tapi jika Bikini lebih ke punk, maka Le Tigre mereka memainkan musik electronica ceria seperti "Supermarket I Am In" nya Goodnight Electric
KATHY FISHER
yang bernyanyi dalam grup musik Fisher. Menurut profile di internet adalah juga seorang penyair. Suaranya yang lembut dapat didengarkan antara lain di soundtrack "Great Expectation" dengan lagu "Breakable".
KATIE MICHAELSON
vokalis Ultrasun, memainkan musik trance. Walaupun bukan seorang clubbers, tapi saya suka mendengarkan lagu "We Can Run Away" saat sedang di jalan karena lampu mercuri di jalanan mendadak jadi lebih indah.
KAY HANLEY
vokalis Letters to Cleo. Band yang katanya spesialis lagu-lagu soundtrack film-film remaja. Yang paling terkenal mungkin OST "10 Things I Hate About You" dimana ia menyanyikan lagunya Cheap Trick "I Want You to Want Me". Suara ceria kekanak-kanakan yang saya suka, coba juga kalau kalian bisa mengikuti kecepatan nyanyinya dalam "Here and Now".
K.D LANG
penyanyi yang terkenal sebagai simbol kaum lesbian. Kesukaan kakak saya, dulu waktu saya kecil juga tidak tahu kalau ia adalah seorang wanita. Sudah lama tak kedengaran kabarnya.
KELLY DAYTON
mantan vokalis Sneaker Pimps yang sekarang bersolo karir dengan nama Kelli Ali. Menurut gosip, ia dipecat dari Sneaker Pimps karena publikasi lebih yang diterimanya membuat anggota yang lain merasa dikesampingkan. Masih mempunyai darah India (bahkan ada yang menulis Indonesia) selain Inggris, dianugerahi suara paling sexy yang pernah saya dengar.
LAETITIA SADIER
vokalis Stereolab. Senang menyanyikan lagu dalam bahasa Perancis meski bandnya adalah band asal Inggris. Suaranya yang berat membuat saya sempat mengira kalau ia adalah pria.
LAUREN CHRISTY
juga seorang aktris/ model. Suara yang sembab dan aksen yang khas, setidaknya seperti yang terdengar di "Walk this Earth Alone" yang termuat di theme song "Great Expectation" sempat membuat CD saya ngambek karena terus diputar berulang-ulang
LEIGH NASH
vokalis Sixpence None the Richer. Dulu, terutama di awal-awal kuliah, saya sangat suka suaranya, namun dengan semakin banyaknya akses menuju barang bajakan dan kegiatan pinjam meminjam kaset, lama kelamaan posisinyapun digeser penyanyi lain. Meski demikian, penampilan vokalnya dalam "Innocente" bersama Delerium tetap bikin penasaran, sementara "I Need to be Next to You" sempat menjadi jingle waktu saya jatuh cinta dulu.
LENE MARLIN
penyanyi pop yang kalau boleh saya sebut, membawakan genre musik Dawson Creek yang lembut, sedih dan radio friendly. Cocok disetel di mall waktu jam makan siang, nyanyi pop kok jarang senyum.
LESLIE FEIST
coba dengarkan album "Riot on Empty Street"nya Kings of Convenience, suara perempuan yang bernyanyi di "the Build Up" itu adalah suaranya. Bagus ya?
LISA LOEB
another pop stars on the list. Jika dulu saya hanya memperhatikan Lisa Loeb di TV karena berani memakai kacamata bego di televisi tapi sekarang setelah dewasa saya sadar kalau lagu "Stay" itu memang bagus buat orang patah hati.
LIZ JANES
penyanyi yang sebelumnya susah sekali didapatkan gambarnya di internet. Menggabungkan nuansa blues, country, gospel dan rock n'roll 70an. Lagu "Wonderkiller" membuat saya membayangkan adegan pembunuhan di upacara pernikahan seperti di Kill Bill. Dengarkan juga "Vow" dan "Deep Sea Diver" yang kata Djohan enak didengarkan sambil mabuk.
LOU RHODES
vokalis Lamb, band trip hop beranggotakan 2 orang yang bersuara macam Air tapi bersuara wanita. Bagus, misterius, enak untuk dijadikan teman waktu sedang mengetik.
LUSIMERS
bassis Kubik, mantan backing vocalnya Pure Saturday, menciptakan lagu-lagu di album pertama Kubik dengan bas pinjaman kepunyaannya bassisnya Koil. Suara yang sangat saya sukai, demikian juga musiknya yang sudah seperti band-band luar negeri. Oh lihat juga penampilannya di Pesta beberapa waktu lalu, walau sepertinya lip sync tapi tetap keren. Akhir-akhir ini lebih banyak menghabiskan waktu mengurus anak.
MADONNA
salah satu musisi pop yang jenius. Bisa nyanyi, main film, nulis buku cerita anak-anak. Icon pop Amerika yang menikah dengan orang Inggris.
MEG WHITE
drummer White Stripes. Kadang juga menyanyi. Kata orang, teknik drumnya tidaklah istimewa, tapi menurut saya ia cukup entertaining dengan gaya menggebuk drum yang khas, mungkin itu dilakukan untuk menyiasati kemungkinan kurang ramainya aksi panggung White Stripes yang jumlah anggotanya sangat minimalis itu.
MELLISA AUF DER MAUR
mantan basis Hole dan touring bassis Smashing Pumpkins. Kini bersolo karir. Teman sebangku Rufus Wainwright waktu sekolah dulu. Suaranya tidak kalah dengan vokalis cewe band-band amerika lain seperti Nina Gordon, Shirley Manson apalagi Courtney Love.
NANCY SINATRA
putri Frank Sinatra, namanya seperti nama anak sastra Petra dulu. Kini muncul lagi dengan setelah berpartsipasi dalam OST Kill Bill dengan lagu satire "Bang bang (My Baby Shoot Me Down)"
NATALIE MERCHANT
mantan vokalis 10,000 maniacs yang kini bersolo karir. Meski membeli kasetnya, tapi sebenarnya saya bukanlah penggemar dia atau mantan bandnya, walau begitu tetap layak masuk daftar ini.
NICO
model yang bergabung dengan Velvet Underground atas inisiatif Andy Warhol meski setelah beberapa waktu didepak juga oleh anggota Velvet yang lain. Meninggal karena obat-obatan dalam usia muda. Walau tidak disukai bandnya, namun Lou Reed dkk tetap akan selalu diingat dengan nama Velvet Underground and Nico.
NICOLE HITCHOCK
vokalis Mandalay. Bersuara seperti malaikat; bergema, melengking, memang cocok sekali bergabung dengan band trip hop seperti Mandalay. Di Indonesia, corak suara seperti itu mungkin bisa kita dengar dari Risa Homogenic
NINA GORDON
mantan vokalis Veruca Salt, band yang sering saya dengar namanya namun tak pernah dengar lagunya. Suaranya khas Amerika namun tidak memainkan country. Suaranya itu bisa juga didengar lewat lagunya Smashing Pumpkins "Said Sadly" dimana ia berduet dengan gitaris James Iha.
NINA PERSONN
vokalis Cardigans asal Swedia. Album terakhirnya menunjukkan perubahan berarti, mereka kini lebih dewasa, walau jujur saja agak membosankan. Saya masih lebih suka "Gran Turismo". Tapi mungkin mereka akan berubah lagi mengingat "First Band on the Moon" juga beda dengan 2 album di atas.
P.J HARVEY
nama panjangnya Polly Jean Harvey. Salah satu anak emas pers Inggris, favorit dari Thom Yorke. Sejauh yang saya tahu lagu-lagunya seringkali seperti lagu yang belum habis karena berhenti saat tiba di klimaks, saat ia mulai berteriak. Albumnya juga telah menjadi anak emas koleksi saya juga.
PATTI SMITH
Lagunya yang paling terkenal disini mungkin lagu "Sometimes Love just ain't Enough", ya lagu cinta! Padahal katanya dia adalah Jim Morrison versi wanita, atau salah satu musisi besar (selain Iggy Pop) yang banyak terinspirasi oleh Jim. Selain itu juga sama-sama suka Arthur Rimbaud. Salah satu yang selalu disebut dalam daftar musisi paling terkemuka amerika atau bahkan dunia. Oleh karena itulah harus saya sertakan juga.
PAZ LENCHANTIN
bassis kelahiran Argentina. Mantan anggota A Perfect Circle, side projectnya Keenan Maynard James from Tool. Juga mantan bassisnya Zwan. Juga seorang guru musik. Sejujurnya lebih cantik dari D'arcy, sayang Zwan hanya berumur 1 album.
POE
saya kurang pasti musik bagaimana yang sebenarnya dibawakan Poe. Grunge atau adult alternative seperti Aimee Mann. Yang saya punya musiknya lebih condong ke grunge sih, tapi itu bukan hal yang penting karena ia bagus.
RACHELL GOSWELL
gitaris Slowdive, juga sering membantu vokal di band indie rock yang sound-sound nya sangat khas indie. Sangat menghanyutkan.
RACHEL SARASWATI
vokalis daripada band Jogja Nextofkin yang membawakan musik campuran ethnic dengan diselingi bacaan puisi. Suaranya seperti Trie Utami di Krakatau, atau karena band nya yang seperti Krakatau. Saya paling suka lagu "Counting the Days".
REBECCA
ikut bernyanyi di Goodnight Electric dari Jakarta, meski Goodnight Electric sebenarnya adalah solo project Batman (entah siapa nama aslinya). Sekarang album mereka sudah banyak versi bajakannya, namun bisa jadi benar kata orang "cinta pertama gak ada matinya", lagu mereka yang paling saya sukai tetap "Supermarket I Am In" walau "Psychic Girl" juga lucu.
RISA SARASWATI
vokalis utama Homogenic. Bersuara bening dan bergaung bahkan waktu tampil live. Profilenya di Friendster menunjukkan dia memang cewe yang sedikit aneh. Bersama 2 temannya yang kesemuanya angkatan 2001 mereka membikin lagu-lagu yang membuat saya sangat malu karena dalam usia muda, mereka telah berhasil membuat karya yang hebat, dan saya sukai.. (keluh!)
ROISIN MURPHY
vokalis Moloko. Grup musik yang sebenarnya tidak selalu membuat lagu berirama dance, penampilan akustik merekapun juga baik. Suaranya menggoda dan manja seperti juga lirik-lirik lagu mereka.
RONNIE YUSHIKO
entah apa yang ia mainkan, gitar atau bass? Anggota band asal Jepang bernama the 5,6,7,8 's. Band yang sangat unik, beranggotakan wanita-wanita yang kelihatannya tidak muda lagi, memainkan musik tahun 50-60an. Sebelumnya tidak begitu dikenal bahkan di Jepang sendiri. Atas ajakan Quentin Tarantino mereka turut tampil di Kill Bill dan lalu menjadi tenar dengan lagunya "Woo Hoo". Ronnie sendiri dapat ditemukan fotonya karena ia satu-satunya anggota yang dapat berbahasa Inggris sehingga bisa diwawancarai.
SAFFRON
lead vocal Republica, band electronic yang terkenal dengan lagu "Ready to Go". Vokalnya manis dan seperti suara anak kecil. Saya kurang tahu apakah band ini sudah bubar atau belum, semoga saja belum.
SARAH BLACKWOOD
vokalis Dubstar asal Australia. Ketika mendengar "No More Talk", Dubstar dan Sarah Blackwood terdengar seperti band yang akan saya sukai, namun setelah mendapatkan 2 album lagi, beberapa lagu ternyata seringkali saya skip.
SARAH CRACKNELL
vokalis Saint Etienne, lagi-lagi band trip hop asal London. Membandingkan suaranya dengan Jewel atau Nina Gordon misalnya, adalah seperti membandingkan Inggris/ Eropa dengan Amerika
SARAH JANE MORRIS
memainkan keyboard dan vokal di Sarah Band, sempat juga bergabung dengan the Republic. Band indie eropa yang lain, digemari oleh band-band independen Filipina
SARAH MCLACHLAN
lagu-lagu seperti "Adia" atau "When She Loved Me" jelas berbicara tentang seorang wanita. Tak tahu juga kenapa Sarah senang menyanyikan lagu cinta untuk seorang wanita, apakah lagu-lagunya ditulis oleh seorang pria atau ada maksud lain?
SARAH MCLEOD
vokalis Superjesus, band beraliran post grunge yang dulu sering muncul di MTV Alternative Nation, tapi sekarang saya lupa judul lagu-lagunya.
SHARIN FOO
vokalis wanita band garage revival Raveonettes. Baru saja merilis album "Pretty in Black". Hanya sekali saya melihat videonya tapi sudah cukup membuat saya menyukainya di tengah kebosanan saya dengan kemunculan band-band emo dan garage yang lain, terutama Jet yang very very overrated.
SHARLEEN SPITERI
vokalis Texas asal Skotlandia. Suaranya kadang bisa mirip Janis Joplin namun kadang juga seperti penyanyi gospel/ country. Saya lebih suka waktu dia bernyanyi seperti dalam lagu "In Demand", "Once in a Lifetime" atau "Summerson", tapi album terakhir mereka bagus juga kok.
SHIRLEY MANSON
vokalis utama Garbage kelahiran Skotlandia. Direkrut Butch Vig setelah melihat penampilannya di MTV bersama band lamanya Angelfish. Masih segar walau hampir berusia 40 tahun. Album Garbage yang baru sementara ini masih belum juga berhasil mengendap di hati. Suara yang sembab seperti hampir menangis tapi juga seductive itu mencapai peak performance nya di album Version 2.0. Tapi semoga masih akan ada peak performancenya yang lain.
SIAN EVANS
penyanyi dalam grup musik dance Kosheen. Lagu "Hide U" tentu sempat sangat akrab di telinga mereka yang suka clubbing. Hanya kelihatannya, album mereka yang terakhir kurang mendapat sambutan di sini.
SINNEAD O' CONNOR
musisi kelahiran Irlandia yang dikenal di seluruh dunia berkat "Nothing Compares to You" dan model rambut cepaknya. Setelah lama tidak bikin album, suaranya yang dalam dan misterius sempat muncul dalam lagu-lagunya Asian Dub Foundation atau Massive Attack. Mantan cinta sejati Anthony Kiedis (RHCP) namun juga dikabarkan sebagai lesbian, tahun lalu katanya akan berkonsentrasi di hal-hal religius.
SIOBHAN DE MARE
vokalis Mono yang dikenal dengan lagu "Life in Mono" di OST Great Expectation. Suara yang medesah, berbisik dan musik yang bernuansa film James Bond banyak membuat orang suka, termasuk saya. Sayang albumnya kelihatannya tidak masuk toko-tokon kaset di Indonesia, syukurlah barusan saya dapat MP3nya
SISTER BLISS
memainkan keyboard dan programming di grup musik dance Faithless bersama Maxi Jazz dan Rollo Armstrong. Walaupun musiknya dance, lagu-lagu seperti "Mass Destruction" adalah lagu yang penuh nuansa politis dan sosial.
SKIN
mantan vokalis Skunk Anansie, kini bersolo karir. Suaranya dahsyat, penuh penghayatan. Tongkrongannya sangar, dulu sangat cocok dengan Skunk Anansie yang membawakan lagu bertema kritik sosial. Kini di karir solonya mengaku akan lebih banyak menyanyikan lagu bertema cinta meski saya yakin akan tetap asyik
SOPHIE ELLIS BEXTOR
putri bos besarnya BBC Inggris yang sering dicap terkenal karena nepotisme. Mulai dikenal lewat kolaborasinya dengan DJ Spiller. Apapun kata orang Inggris, saya tetap suka suaranya yang aristokrat selain juga karena penampilan dan kulitnya yang terawat sampai seperti tak pernah dihampiri jerawat.
SUZANNE MOSSON
vokalis Standfast, duo yang merupakan one hit wonder. Sempat terkenal dengan lagunya "Carcrashes". Sebenarnya suaranya memang indah.
SUZANNE PERRY
vokalis Love Spiral Downwards (LSD). Suaranya agak seperti Sarah Brightman namun lebih gelap dan menyayat hati, dibalut dengan musik bernuansa gothik membuat kita merasa sedang berada di sebuah gereja Katolik besar dan tua pada abad pertengahan.
TORI AMOS
musisi alternatif yang pertama kali saya tahu waktu membawakan "Smells Like Teen Spirit" dengan piano. Unik namun saya belum juga tergoda mencari album-albumnya.
TRACY BONHAM
pandai memainkan violin. Suaranya baru saya kenal lewat kerjasamanya dengan Blue Man Group di beberapa lagu di album Complex
TRACY THORN
vokalis Everything But the Girl yang sering juga muncul di lagu-lagunya Massive Attack. Walau penampilan kedua anggota Everything But the Girl serta video- video klipnya terlihat agak "sakit", tapi citarasa keindahannya tetap nomor satu.
VICTORIA BERGSMAN
vokalis the Concretes, band garage lain. Baru dua kali saya melihat dan mendengar lagu mereka namun kelihatannya boleh juga. The Concretes sendiri juga mempunyai anggota perempuan lain yang berposisi sebagai drummer
WENDY O WILLIAMS
mantan vokalis band punk tahun 70an Plasmatic yang juga sempat bersolo karir. Selain menyanyi juga membintangi beberapa film porno. Suaranya kasar, urakan, tak bisa dibilang merdu tapi tetap termasuk wanita yang akan selalu dikenang sejarah musik dunia
YOKO ONO
seniman avant garde istri John Lennon. Berdua mereka menjadi pasangan yang suka melakukan hal-hal aneh. Sebenarnya tidak termasuk musisi namun juga tercatat ikut menulis beberapa lagu untuk Plastic Ono Band besama suaminya. Jika tidak ada pengaruh dari dia, mungkin lagu Imagine juga tak akan ada. Dituduh sebagai biang perpecahan the Beatles, tapi saya pribadi lebih suka Plastic Ono Band daripada the Beatles, sungguh.
ZIA MC CABE
anggota Dandy Warhols yang memegang keyboard, bass, backing vocal dll. Dandy Warhols sepertinya juga hanya terkenal di album Thirteen Tales of Urban Bohemia dengan single "Bohemian Like You" yang liriknya mungkin agak terlalu "ngimpi", tapi iramanya enak untuk berkendara juga.

2 Responses to “BETWEEN FENDER AND MAYBELLINE”

  1. # Blogger Yui Setyowati

    Jangan lupakan bahwa suzanne mosson itu cantiik banget...
    Tapi ya itu. Swedish pop kadang enak banget masuk kuping tapi langsung lewat aja seketika.
    Tau di mana bisa donlod mp3nya STANDFAST engga? At least yg ~carcrashes~ itu sama ~look at me now~
    Jaman dulu blum musim orang jualan mp3 bajak laut  

  2. # Blogger Hafsah Audina's Blog

    "numpang tanya..punya lagu grup musik Bond ga mas?saya nyari d om google yg keluar malah lagu james bond.."  

Poskan Komentar


Web This Blog


XML

Powered by Blogger

make money online blogger templates




Free chat widget @ ShoutMix

Join the Blue Ribbon Online Free Speech Campaign
Join the Blue Ribbon Online Free Speech Campaign!



© 2006 perjalanan lalat hijau | Blogger Templates by GeckoandFly.
blog ini berisi catatan, kenangan, keluhan, caci maki, khayalan, pengakuan, tiruan, dan hasil kopi paste
blog ini tidak ada hubungannya dengan lalatx atau padepokan silat tertentu, pengelola sebenarnya tidak suka warna ijo!